Jumat, 21 Juni 2013

Tips agar warna objek dengan background foto menjadi serasi

Baiklah sob, bagi yang udah bisa menggunakan selection tool untuk menyeleksi objek foto tertentu kemudian di cropping lalu di ganti dengan background sesuai dengan selera, namun terkadang hasilnya masih terlihat gak nyatu antara objek dengan backgroundnya. Ok sob langsung aja ini solusinya biar objek dan background menjadi seimbang dengan warnanya.

Pertama-tama nih, seperti biasa siapin dulu objek yang mau di cropping. Sebagai contoh seperti foto di bawag ini.



Karena antara foto dan background udah kontras, maka agar mudan dan cepat pakai magic wand tool (M)  aja. Kalau udah di seleksi, agar hasil potongannya halus, klik kanan>feather>(pada feather radius ketik 3 atau 2)lalu klik OK.


Langkah selanjutnya klik dua kali pada layer gambar untuk membuka kunci layer yang aktif, kemudian klik OK, selanjutnya klik DEL.



Maka akan seperti ini.



Setelah itu siapkan backgroundnya, jika udah siap langsung aja tarik tuh background ke dalam layer objek yang pertama . Agar posisi background berada tepat di samping objek, pindahkan layer 1 ke layer 2 dengan drag & drop pada layer. 




Selanjutnya atur ukuran background agar sesuai dan serasi dengan objek. Untuk mengaturnya klik Move Tool (V), kemudian centang Show Transform Controls pada menu bar bagian atas. Sekarang sobat tinggal tarik ujung-ujung pada gambar layer background agar ukuran sesuai dengan objek. Seperti gambar berkut.


Jika objek pada gambar terlihat lebih gelap dari pada backgroundnya, ataupun sebaliknya maka cerahkan terlebih dahulu menggunakan Curves atau dengan menggunakan tombol keyboard (Ctrl+M). Jika sudah lakukan penggabungan kedua layer agar menjadi satu dengan cara merge layers, caranya ketik tombol di keyboard (Ctrl+Shift+E). 
Ok, hampir selesai nih... ini dia yang di tunggu-tunggu, sebenarnya mudah aja. Cukup menggunakan tool Color Balance untuk mengatur keseimbangan warna. Ketik (Ctrl+B) pada keyboard dan silahkan atur sendiri keseimbangannya.



Dan ini hasil akhirnya ^_^



Sekian dulu sob, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan di tulis dalam komentar. Mari kita belajar bersama. Saling melengkapi satu sama lain ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

    About